Disable Laptop Keyboard (Ubuntu)

Mengapa saya menggunakan bahasa inggris sebagai judul? Hal tersebut berdasarkan pengalaman saya yang cukup sulit mencari cara untuk mendisable keyboard bawaan laptop saya. Sudah ubek ubek om google namun informasi yang di dapat tentang disable keyboard masi kurang juga *apa saya yang terlalu cupu :P*. So, for the human sake he he saya posting dengan judul English dengan harapan mereka yang memiliki problema yang sama bisa tertolong.

Hal tersebut terpaksa saya lakukan karena keyboard laptop mulai menunjukkan gejala aneh, yaitu selalu menekan enter secara berlebihan. Akibat dari errro itu saya sangat kesulitan jika ingin membuka satu file, karena file yang terbuka akan suangat banyakkkkkk dan berakhir dengan komputer yang tidak bergerak hang.

Error tersebut baru terjadi dengan keyboard laptopku beberapa hari kebelakang saja, dan setelah ditelisik, mungkin kejadian tersebut merupakan akibat dari kebiasaan baru ini :

Yang bikin tuts error
Yang bikin tuts error

Akhirnya dengan susah payah googling saya mendapatkan cara disable keyboard pada ubuntu di sini , namun tidak berhenti disitu karena saya bingung dimana menempatkan “i8042.nokbd” (perintah untuk tidak melakukan scan pada port keyboard) pada kernel boot line. Ok pertama googling “kernel boot line” karena masi agak asing dengan istilah itu he he, dan dari sana di dapat bahwa kernel boot line ada pada  /boot/grub/menu.lst. Dengan info tersebut maka saya dengan sok tau langsung memasukkan teks “i8042.nokbd” pada file /boot/grub/menu.lst di sembarang tempat. Namun setelah beberapa kali pindah tempat di file tersebut tetap saja tidak berpengaruh pada keyboard.

Harapan terakhir adalah dengan bertanya lewat email ke pembuat postingan ini. dan dengan komunikasi  beberapa kali saya dengan beliau saya jadi sedikit tersipu hi hi hi, ternyata saya salah menempatkan teks “i8042.nokbd” pada file /boot/grub/menu.lst.

Persepsi Saya
Persepsi Saya

dan ternyata

Persepsi Saya
Yang seharusnya

oooo teryata yang namanya kernel boot line tuh yang itu, hi hi hi maklum masi noobs.

 

regards,

 

-mB-

Disable Laptop Keyboard (Ubuntu)

6 thoughts on “Disable Laptop Keyboard (Ubuntu)

  1. wah… sama kasusnya.. ubuntu gw jg kek gitu, tapi pas direstart siy berfungsi normal, tapi masak harus restart mulu..

    thx for info.. nti gw coba😀

Leave a Reply

